Senin, 26 Maret 2012

Karena Visa, Aku Galaaaaauuuu

Ada yang masih ingat si A ? Cowok Thai ganteng yang duduk disamping saya waktu perjalanan dari krabi ke Phuket di dalam bus romantis bernuansa merah jambu. Mungkin karena memang saya dan dia sehati *cieeeeee* waktu itu kita sama-sama iri sama orang Amerika. Enak banget punya paspor negara Paman Sam itu, soalnya kalau mau kemana-mana ga usah repot-repot apply visa di negara nya dan melalui segala prosedur yang melelahkan secara mental dan spiritual.

Selama ini saya hanya denger-denger saja sih, betapa sulitnya orang Indonesia mengurus visa ke Amrik, Australia dan Eropa. Kalau browsing mengenai mengurus visa kayaknya kog lebih banyak cerita ditolak nya daripada dapet visa nya. Ada juga yang harus apply beberapa kali hingga akhirnya dapat visa. Saya sendiri baru punya pengalaman 4 kali sama visa perjalanan gitu.

Visa pertama saya adalah Visa On Arrival waktu melintas perbatasan dari Vietnam ke Kamboja. Tapi itu mah gampang, tinggal bayar $25 (resminya $20) dan menyerahkan paspor ke kondektur bus, dia yang mengurus semuanya. Tau-tau ketika paspor saya balik, sudah ada stiker hijau berlambang negara Cambodia yang menyatakan bahwa saya boleh bertandang ke negaranya.

Pengalaman kedua dan ketiga, saya juga tidak terlibat secara langsung. Yang kedua di urus oleh kantor saya sewaktu saya dapat undangan kunjungan bisnis ke Australia, walaupun hingga visa tersebut expired saya  belum juga di berangkatkan kesana karena waktu itu kantor saya sedang mengalami perubahan manajemen. Bahkan hingga akhirnya saya pindah kerja, belum juga saya melaksanakan kunjungan  balik ke Carly di Perth sana. Visa ketiga saya adalah Visa China, kalau itu anak buahnya Papa Said yang urus. Saya sih tinggal tanda tangan selembar formulir aplikasi.

Nah, Visa ke4 ini yang sukses bikin saya galau. Selama satu minggu menunggu keputusan keluarnya Visa, saya tidak bisa tidur nyenyak, makan saya tambah banyak dan mandi pun jadi jarang. Rasa nya mirip seperti menunggu pengumuman UMPTN, saya hanya bisa pasrah dan berdoa.

Menunggu SMS yang menyatakan bahwa pengajuan Visa saya sudah selesai dan bisa di ambil, rasanya hampir mirip seperti menunggu sms atau telpon dari cowok ganteng yang saya taksir. 

Itu momen-momen pas PDKT dimana si cewek ga boleh - demi apa pun - menelpon ato meng-sms duluan supaya kesannya lebih sophisticated dan ga keliatan ngebet nya gitu. Nah, di  momen tersebut sang cewek hanya bisa menunggu si cowok menyapa duluan, sambil setiap menit melirik ke layar henpon. Setiap ada telpon atau sms masuk selalu berharap kalau itu dari "si dia" dan harus merasa kecewa ketika ternyata isi sms nya hanya tawaran promosi dari kartu kredit dan ramuan pelangsing tubuh tanpa diet.



Penderitaan saya pun bukan hanya selama seminggu itu, tapi selama 6 bulan sejak saya membulatkan tekad untuk menginjakan kaki di Benua Australia. Demi rapi nya catatan keuangan (buku tabungan), saya menahan diri untuk tidak banyak shopping, memangkas pengeluaran untuk mencoba makanan enak di restoran dan kafe-kafe baru, saya bahkan mengurangi secara drastis ketergantungan saya terhadap Starbucks dan beralih ke kopi Kapal Api *bukan iklan*.

Awalnya saya dapat informasi bahwa untuk mengajukan visa ke australia harus punya uang 100 juta di tabungan. Buset deh, duit segitu mah saya mau nabung sampe peyot juga ga akan bisa terkumpul. Kemudian saya pun browsing-browsing, ternyata untuk visa turis (walaupun tidak ada patokan yang jelas) para travel agen mematok minimal ada 50 juta di rekening tabungan aktif. Maksudnya tabungan yang aktif masuk gaji dan keluar untuk kebutuhan sehari-hari. 

Enam bulan mengencangkan ikat pinggang, sampai makan di warteg aja saya bela-belain cuman nasi + sayur + tempe. Sementara itu saya hanya bisa ngiler melihat orang di sebelah saya makan pakai sop iga dan ayam goreng. Kemudian untuk menghemat BBM, saya berangkat lebih subuh dari biasanya untuk menghindari macet. Tapi apa daya, tabungan saya tetap saja tidak bisa mencapai angka tersebut. 

Celakanya dengan kenekatan maksimal, tiket sudah saya beli. Maklum tiket murah, jadi jauh-jauh bulan sudah saya beli. Dan dengan penuh kenekatan pula saya terpaksa mengajukan aplikasi visa dengan jumlah uang di rekening yang hanya setengah dari target tersebut. Tanpa sponsor.

Sponsor itu adalah kalau ada yang mau bayarin kita ke sana dan orang/perusahaan tersebut harus membuat Invitation Letter yang menyatakan kalau ybs akan menanggung segala pengeluaran kita dan menyertakan catatan keuangan nya serta segala dokumen pendukung lain, seperti fotokopi paspor etc etc.

Karena tabungan saya yang tidak sampai 50 juta itu, menurut hasil browsing saya di internet, agen tidak akan mau membantu mengurus paspor saya. Dan lagi karena keterbatasan dana yang saya punya seperti nya kog sayang ya dipakai buat bayar agen. Akhirnya saya memutuskan mengurus sendiri aplikasi visa turis saya.

Dokumen yang saya siapkan minimal banget: formulir aplikasi yang sudah diisi dan di tanda tangan, fotokopi KTP + KK, rekening tabungan 3 bulan terakhir, bookingan tiket pesawat pulang-pergi, surat keterangan kerja dari kantor dan selembar pas foto terbaru. Supaya lebih pede saya tambahkan itinerary dan billing kartu kredit saya 3 bulan terakhir.

Mungkin karena terlalu grogi, saya jadi salah fokus. Saya sudah mempersiapkan foto ukuran 4x6, tapi yang saya bawa malah ukuran 3x4. Tapi saya  sudah terlanjur disana ketika saya sadar bawa foto dengan ukuran yang salah, ternyata kata Mbak manis VFS yang menerima dokumen aplikasi saya tidak ada syarat yang mengharuskan ukuran foto 4x6. Ya bener juga sih, di website malah bilang foto ukuran pasport, jadi ga 4x6 dan 3x4 juga sih sebenernya.

Oh iya, VFS Global itu adalah perusahaan yang ditunjuk sebagai wakilnya kedutaan untuk aplikasi visa. Kantornya di Plaza Abda, Sudirman Lantai 22. Kalau mau mengurus visa ke Kanada, U.K dan Dubai disitu juga deh kayaknya, soalnya saya lihat ada papan namanya gitu. 

Proses penyerahan dokumen nya tidak lama, ambil nomor antrian - duduk - tunggu dipanggil, ga sampai sejam udah beres. Saya menyerahkan semua dokumen saya yang minimal itu ke mba manis yang men-check list kelengkapan saya. Di tunggu-tunggu dengan jantung berdebar, tapi si mba nya kog ga ada nanya kekurangan dokumen, dia malah langsung menjelaskan mengenai proses pengambilan dokumen dengan ramah dan pembayaran. Setelah membayar 1,2 juta langsung keluar keringat dingin. Ini uang yang akan hangus kalau visa saya di tolak, bersama dengan uang yang saya gunakan untuk beli tiket.

Rasanya kog saya masih kurang yakin sama kelengkapan dokumen saya sendiri, soalnya ibu-ibu yang duduk di sebelah saya cerita katanya dia sampai bawa fotokopi akta kelahiran, surat nikah, semua bukti deposito dan akta surat tanah segala. Sedangkan saya, mana ada saya punya deposito, boro-boro surat tanah. Surat nikah aja saya ga punya *galau sambil garuk-garuk tanah gara-gara surat nikah* 

Gimana saya mau ke ostrali kalo buat bikin visa nya aja harus bawa surat nikah? pacar aja ga punyaaaa.... huhuhuuu... *nangisdarah*

Ada juga saran dari teman saya, bahwa kalau mau visa nya di approved kita sebaiknya membeli asuransi perjalanan yang harganya ratusan ribu untuk 2 minggu. Teman saya itu malah beli asuransi kesehatan AUD 70 (700rebuan) untuk seminggu. Rasanya saya sudah tidak sanggup menambah nominal "taruhan saya di meja judi" tersebut, jadi saya tidak mengikuti anjuran teman saya itu.

Saya mengajukan dokumen selengkap mungkin saya mampu tapi tetap seadanya. Kalau misalkan di approved ya sukur, klo enggak ya saya sudah siap kalau harus merelakan sejumlah uang tersebut hangus. Semoga Tuhan mengganti nya, dengan segera mendekatkan jodoh saya *amin*

Lagipula kalau saya ga bisa liat kangguru di ostrali, kan saya bisa pergi ke sekolah terdekat. Disana juga banyak kang guru, teteh guru, mas guru dan mba guru. 

Setelah seminggu, sms yang di tunggu pun datang:

" Permohonan visa yang diproses dengan no. ref AJAK/xxxxx/xxxxx siap untuk diambil di Pusat Aplikasi Visa Australia."

Keesokan harinya saya sudah siap untuk menghadapi kenyataan apa pun yang terjadi. Jadwal pengambilan visa mulai jam 2, dan dari pagi hingga jam 2 itu saya mules-mules. Pasalnya, gara-gara si Slamet (emang dia selalu memperkeruh suasana) cerita kalau permohonan visa nya ke Myanmar baru saja ditolak.

Saya kan jadi panik, ke Myanmar aja bisa ditolak. Saya saja baru tahu kalau ke Myanmar itu harus apply visa, saya pikir karena ASEAN jadi kita bisa bebas mondar-mandir kesana atau paling ga pakai Visa On Arrival. Lah ini dia bisa di tolak ke Myanmar, gimana saya yang antar benua ???? Saya pun semacam salah makan broklat - bolak-balik ke toilet, mencret-mencret.
  
Jam 2 pas saya tiba di Plaza Abda. Untungnya sepi banget waktu itu, saya langsung menuju counter pengambilan tanpa harus menunggu antrian. Dengan tangan gemetar saya menerima sepucuk amplop coklat tertutup bertuliskan nama saya. Kepastian yang saya nanti-nanti, yang mempengaruhi hidup saya ada di dalam amplop ini.

Amplop coklat yang lebih penting dari surat cinta

"Silahkan di buka di belakang, nanti kalau ada pertanyaan bisa kembali lagi ke saya." kata mba-mba di belakang meja counter nomor 8 dengan manis nya.

Muka saya pucat pasi.

Saya beranjak ke bangku antrian paling belakang, agak kepojok. Jadi misalkan saya pengen nangis gara-gara ditolak tidak ada yang memperhatikan.

Saya menghela nafas, berusaha menguasai diri. Tapi jari jemari saya tidak bisa diajak kompromi, mereka bergetar dengan hebat nya. Sampai-sampai mau merobek amplop itu saja berkali-kali missed.

Setelah berjuang beberapa saat merobek ujung amplop dan memungut amplop yang terjatuh ke lantai dua kali, saya berhasil membuka nya. Dengan penuh kecemasan saya melongok ke dalam amplop itu dan mendapati paspor hijau kepunyaan saya. Tidak ada surat lain lagi disitu. Jantung saya pun semakin berdebar, seakan meronta mau keluar dari rongga nya.

Masih dengan gemetar hebat, saya raih paspor hijau di sudut amplop tersebut. Saya buka lembar demi lebar..... Saya pun kecewa....

Ternyata jodoh saya masih jauh !

Tapi di lain pihak, gembira rasanya hati ini luar biasa. Yess!!!!

Australiaaaaaa, ayem komiiiiiiiing..........

Lompat Kangguru

131 komentar:

  1. Selamat atas keberhasilan mendapatkan visa Australia-nya. Kami di sini pun sempat harap-harap cemas.

    Kapan berangkatnya, Mils?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah 3 minggu lagi, pagit hehee...

      Hapus
  2. setdaah, perjuangannya mbak, dari menunggu sms, menghemat, sampe galau gara2 surat nikaaahhh ....

    wuihh, selameett y,, pulang bw jodoh donk, mbak ....hehhehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti jodoh ku kangguru donk klo ketemu nya disana hahahaa...

      Hapus
  3. buset deh baca postingan lo gw ikut2an deg2an.. bisa jadi referensi buat bikin visa. gw pengen jg tu ke aussie.. secara tiket airasia banyak bgt yg murah.. tunggu aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tiket nya murah dan ngurus visa nya juga teryata ga sehoror isu yang simpang siur.. kayaknya klo menurut gw mah yg penting dokumen kita masuk akal gitu, ga di karang2 dan ga berlebihan hehee

      Hapus
  4. Wuiiihhh.....berakhir juga kegalauan lo, Mil..
    Gw jadi ikut2an mules :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh kok gw jadi anonim (~.~")

      Hapus
    2. yaelaaah.. lupa tulis nama yak hahaha..
      pst gara2 mules itu -____-"

      Hapus
  5. Selamat ya Mil, akhirnya bisa liburan ke Australia. Langsung liburan bareng Cipu di sana. Senangnya...Gak sabar menunggu cerita selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ma kasih rofiq, ayoo kapan kita mulai planning ke jepang. bareng yuuuuk... jd gw aman soalnya ada lu yg bisa bhs jepang.

      Hapus
    2. Ikutan dunk kalo mau jalan ke Jepang bareng...Yukkkssss.... :)

      Hapus
    3. ayuuuuuk... neng ocha juga pengen tuh katanya :p

      Hapus
  6. Gara-gara visa, postingan mila serasa di film horror deh hahaha...

    Oh ya, perjalanan ini biasanya pas libur kantor atau memang sengaja minta cuti say?
    Penasaran soalnya ^_^ hihihi

    Selamat atas keluarnya visa Aussie-mu ya say...ditunggu loh cerita perjalanannya kesana ^^ Have a nice trip, sweety!

    BalasHapus
  7. Wuidih ikutan keringat dingin bacanya mbak, asyiiiik jadi ke ostrali....
    ditunggu ceritanya ya mbak (>o<)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiiiik... tungguin yah cerita nya, mudah2an kali ini enggak dodol lagi cerita jalan2 nya hahhaaa

      Hapus
  8. Gara-gara visa, baca postingan mila serasa nonton film horror!

    Oh ya aku penasaran, perjalanannya sengaja ambil cuti dari kantor, say?

    Selamat atas keluarnya visa Aussie-mu, have a nice trip, darling!

    Ditunggu cerita seru perjalananmu kesana ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. beuh ini aku yg ngalamin nya serasa lagi di dalam film horor pocong keramas -____-"

      ma kasih, mba mayya :D

      Hapus
  9. apapun yg terjadi, selama kaw pergi lilin ini akan tetap kujaga :d.

    -Lili-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini gw pergi jalan2, bukan nya ngepet, lili -____-"

      Hapus
  10. horeeeeeee *minta oleh oleeeeeh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. oleh-oleh nya postingan gw aja yeeeee....

      Hapus
  11. Balasan
    1. Makan - makan masing2 di rumah masing2 yoooooooww.....

      Hapus
  12. Salam kenal mbak Mila..

    Gila, bacanya jadi ikutan tegang. Pengen berburu tiket ke Aussie juga, cuman ya gitu, takut masalah visanya.. Ternyata gak telalu horor ya ..

    Siap-siap berburu juga ah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga Mas Surya. Tadi nya juga saya sempet ngeri karena isu yang simpang siur di internet dan dari denger2 gitu, tapi ternyata ga begitu serem kog. Walopun ga tidur seminggu :D

      Hapus
  13. Mil, kata temen gua kalo ke kamboja pun sebenarnya ga perlu Visa, itu kata temen gua yang anak Deplu. Mungkin karena kenek bus itu bego dan ga tau ASEAN makanya kita kena charge sekian dollar
    *masih ga rela*

    BalasHapus
    Balasan
    1. jyahahaa... tnyt lu masih aja dendam ama si kondektur itu gara2 salah nulis nama lu di form visa on arrival nya yak hahahahaa....

      Hapus
  14. Walah... ternyata rumit juga. Aku belum pengalaman dalam pengurusan Visa soalnya hehehe

    BalasHapus
  15. Yeaaaayyyy..... Congrats ya Miilll :)

    Tapi nunggu visa itu emang mirip sama nunggu pengunguman kelulusan sekolah ya, tegang dan deg-degan banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa... setara sama nunggu hasil UMPTN, klo pas lu namanya SPMB yak hahahaa.... *ketauan tuanya*

      Hapus
  16. asyik bisa jalan2 keman mana....
    sayangnya paspor ku di ambil ma pihak imigrasi malaysia alias kena deportasi hehehehe...
    salam persahatan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seru tuh gimana ceritanya bisa di tahan malaysia...
      pasti mas dedy keren nih, makanya mau di klaim sama Malaysia hahahaha....

      salam persahabatan juga ^___^v

      Hapus
  17. Hai, salam kenal...

    Huaaaa.. aku sampe baca berulang kali bagian terakhirnya, karena takut salah nangkep.. hihi.. Selamaaaat dapet visa Australia-nya.. ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihii... salam kenal...

      ya aku rada kecewa siy gara2 uang nya ga jd hangus, jd nya ga jd deh diganti sama jodoh.. tp ga pa pa lah, jodoh kan bisa menunggu aku pulang dari ostraliiii hahahaa....

      Hapus
  18. Darling...kau ini...secara passportmu capnya banyak... pasti dapatlah.... gue aja dulu gitu ... selamat ya.... abis ini CANADA...yes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh.. jd banyaknya cap di paspor itu pengaruh juga ya? soalnya temen aku juga ada yang bilang gitu :p

      pengeeeen ke canada, aku nabung dulu yah. Udah tau kog bikin visa nya dimana hehehe....

      Hapus
  19. milaaaaaaaaa.... tambah gokil aja ya.
    itu crta ttg nungguin pengumuman UMPTN sm menggalau waktu pedekate so true gitu, mwahaha...
    jadi ingat jaman2 ituhhh.... *coret2 tanah*

    selamat ya mila. ditunggu poto2, cerita2, n gebetan baru dari australi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... aku hanya meyuarakan isi hati para perempuan wkwkkwkk....

      Hapus
  20. Wah, selamat ya Mila!!! Tanggal berapa ke Australia? Mau ke kota apa aja? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mau ke melbourne, nanti kita ketemuan yaaaah.. kopdar heheee...

      Hapus
    2. tanggal brp Mila? aku tgl 3 ke Sydney soalnya ... ketemu di Sydney?

      Hapus
    3. Mba Winnie, apabila membaca ini...
      aku brangkat ke melbourne tgl 15 april.

      e-mail aku no hp dunks
      ke djamila.said@gmail.com
      hehehee..

      Hapus
  21. huaaaaaa,....milaaaaaa *peluk*
    ikuttt seneng, jgn lupa ceritanya nanti harus komplit-plit ya...
    futu-futu sm kang guru ya,... gak usah ikut loncat-loncat ahhh xixixi...:p

    selamatttt ya sist ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. *peyuuuukkk* ma kasih Mba Irma :*

      aku ga loncat2 kog ntar pas ketemu kangguru, paling ngumpet di kantong nya heheeee

      Hapus
  22. kaka mila ceritanya galau banget yah.. galaunya melebihi.. ehhmm.. ehmm.. *ganti topik*..
    ok.. congrats yah kak mila atas keberhasilannya mendapatkan visa ke aussie.. klo nafe masih menunggu untuk UAN tpi klo ga salah tanggalnya sama dengan keberangkatan kak mila.. jdi.. selamat liburan.. eh.. oleh2 nyanda usah yg mahal2.. cuma kang guru jo so boleh *eh* hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang guru mah ke bandung aja.. banyak disana hehee

      Hapus
  23. gayaaa bener yang mau ke aussiee.. cieeehh cieeeehhh.. hebat yaaa meskipun tabungan nggak nyampe 50 jeti, tetep bisa berangkat. hahaha have fun deeeh #siriktingkatdewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dooonk...
      dengan ini gw membuktikan bahwa traveler kere juga bisa sampe ke ausie.. hahahaa....

      Hapus
  24. Wah, congratz ya, ikut seneng km bs kesana, titip culikin & bungkus koala donk buat sy :p

    BalasHapus
  25. Waahhhh...selamat...akhirnya....Gw ikut2xan terhanyut membaca perjuangan Mila....

    BTW, ke Myanmar emang perlu visa yak?.... Kirain nggak perlu karena anggota ASEAN gitu....(yep...pertanyaan sama dengan dirimu)....Trus si Slamet bilang apa lagi Mil tentang ke Myanmar ini?..diriku berencana ke sana....baru rencana aja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku juga baru tau. mungkin karena di Myanmar situasi politiknya lagi memanas hehee..
      aku juga pengen kesana, tapi ntar aja kalo sudah tenang lagi :D

      Hapus
  26. mbaaa... tabungan hrs berapa ya kira2?? serem nihh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia yang masih jadi misteri hingga saat ini hahaha..
      kalo aku waktu itu ada 20 jutaan di tabungan untuk 10 hari, tapi ada yang bilang 10 juta buat 10 hari juga cukup, ga tau yang mana yang bener. ada yang bilang juga sebenarnya yang diliat bukan jumlah total tabungan tapi aliran uang masuk keluar gitu. Tapi kalo menurut aku sih, ajuin aja dokumen yang jujur, klo niat bener insyaallah pasti di lancarkan hehehe...

      Hapus
  27. Bisa ikut merasakan suka duka dan gregetnya apply visa, udah sering bolak/i ke kedutaan2 asing macem2. Padahal udah bawa nama perusahaan krn kebanyakan buat business meeting (walo hari2 terakhir atau di sela-selanya pasti buat tourism siy), masih pula tetep ribet. Nelangsanya tuh rata2 temen2 punya passport yg ajaib itu, jadi ga pernah ngerti kalo diriku harus jauh2 hari ngelamar visa. Hhhh...pernah dapet visanya satu hari sebelum keberangkatan...hari2 terasa kelam karena bete..
    Kalo visit Canada, bilang2 yah...inep di rumahku Mil...
    -riri-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti doooonk.. nanti klo gw ke kanada lu yg pinjemin gw electric blanket yah hahahaa.... disana dingin bgt kan ya? *gadistropiskatrok*:p

      Hapus
    2. slam kenal mba riri n Mila, rencana mau ke canada vancouver, mau tanya dicanada ada penginapan semacam hostel yang seperti di ausie ga, posisi mba riri di kota apa...
      -dede-

      Hapus
    3. @dede: coba aja liat di hostelworld.com, harusnya sih ada ya.

      Hapus
  28. waaaah berarti keberuntungan banget ya dapet visa ostrali dengan "bekal" yang minimal tadi.

    jadi maju mundur nih mau ke ostrali

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya siy kalo baca kisah2 kegagalan orang2 kog aku malah ngerasa kemaren itu beruntung banget yak? hehehee

      Hapus
  29. mba milla mau share dong, aku juga mau ajuin visa ke aussie nih, tapi yg diminta itu rekening koran 3bln terakhir yah atau bisa buku tabungan sih? kan aku pakai uang pribadi gak punya rekening koran. itu gimana ya mba? mohon infonya tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa boleeeeh..

      itu maksudnya rekening tabungan biasa, tapi minta print out nya ke bank, istilahnya rekening koran itu catetan transaksi2 selama sebulan. Minta nya 3 bulan, gitu...

      klo yg mba maksud pst rekening koran giro yak wkwkwkwk...

      Hapus
  30. hahaha, jadi malu ane. sebenernya urus sendiri sama urus di travel agen sama aja gak sih mba, atau kalau di travel agen lebih gampang utk lolosnya, karena takut gagal jadi gak berani urus sendiri... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo menurut survei saya sih sbnrnya pakai agen atau urus sendiri ga ada korelasinya sama diterima atau ditolaknya visa, soalnya baru2 ini sepupu aku urus visa ke jepang pke agen ditolak.

      bedanya ngurus pake agen itu ya karena kita ga perlu bolak-balik sendiri ke kantor kedutaannya gitu hehehe...

      Hapus
  31. Mila..gimana jalan2nya di Melb..April kan? Visanya kelar berapa lama Mil? aku juga lagi nunggu nih..alias lagi galau pisaann..tiap hari nge-klik track your visa website..tp blm ada update-an..menunggunya itu loh..sementara aku belum beli tiket takut kehabisan karna mau berangkat tgl 10 agustus..muless deh..anyway..kasih tau yaaa kira2 berapa lama musti galau and muless (Ria)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku kemarin pas 5 hari kerja sesuai sama keterangan di web nya, utk visa tourist 5 hari kerja. visa business 3 hari kerja. kalo buat study lebih lama waktunya. kemarin siy pas aku baca di web nya begitu.

      Hapus
  32. mba milaaa, numpang curhat, sedih banget euy visa turis aku ditolak, katanya sih alasannya karena arus uang, padahal rekening aku sampe lebih dari 50jt loh ditabungan aku, terus anehnya dia bilang juga karena gak ada pengalaman keluar negeri, padahal di passportnya udah ada stempel ke malaysia 2 kali dan ke singapura loh.... waduh jadi patah semangat nih, semua dokumen juga lengkap. gimana nih mba mila, kasih saran dong, krn aku mau coba ajuin lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin maksudnya arus uang itu dia mau lihat berapa jumlah uang yang masuk ke rekening rutin setiap bulannya (penghasilannya) dan berapa yang keluar setiap bulannya (pengeluaran), makanya kan syaratnya itu rekening tabungan yang aktif ada aktifitas masuk keluar uangnya.

      Jangan-jangan kamu masukin nya tabungan rekening kamu yang dipke buat khusus nabung, jadi ga ada pengeluaran rutin tiap bulannya ya?

      Waktu aku apply, jumlah uang di tabunganku ga sampe 50 juta, tapi itu rekening yang masuk gaji dan aku pake kebutuhan sehari-hari.

      Terus aku lampirin itinerary yang ada perkiraan budget nya, jd dia bisa tau kalo kita biasa traveling dan ga akan terlunta-lunta di sana. Dan di budget itinerary aku itu cuman perlu 20-an juta selama disana, jd kayaknya itu yg bikin aku lolos walopun uang ku ga ada 50 juta...hehehee...

      Coba aja lagi, kalau merasa dokumennya sudah komplit sih PeDe aja. tapi sayang juga ya uang nya sejuta hangus *hiks* *pukpuk*

      Hapus
  33. iya aku karena pertama kali bikin visa tadinya aku optimis karena dokumen yang aku lampirin sudah lengkap semua kok. pas gak di approve waduh kecewa banget deh... rencana bln depan mau jalan2nya, kalau mau ajuin lagi pastikan arus uangnya sama aja, rekeningnya memang yang rutinitas aku kok keluar masuk, dan aktivitas uang juga selalu pakai itu, malah aku bayar tiket bolak balik medan, dan kalimantan transfernya dari situ... bingung.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm... iya bener bingung juga ya, pdhal jumlahnya sih cukup tuh kalo buat satu bulan disana. Kalo tiket udah ada buat bulan depan ya sayang juga sih klo ga dicoba apply lagi.
      kmrn lampirin booking-an hotel ga?
      lampirin aja itinerary nya, di sana mau ngapain aja. Aku dapet tips itu dari temen aku.

      Hapus
  34. mba mila, aku mau backpacker sama temen2 ke melbourne, tapi bingung mau kemana2 aja krn blm pernah kesana sebelumnya, boleh minta schedule mba waktu ke sana, tempat2 yang menarik mana2 aja gak mba? buat rekomendasi. kalo boleh email aku ya mba, gabriela058179@yahoo.com
    tq

    BalasHapus
  35. dear mila,

    plisss siapa yg pernah apply visa ke canada? apakah caranya sama dgn mila..? dateng ke abda nya langsung aja or daftar online dulu mil?
    visa canada berapa lama ya prosesnya?
    apa bedanya visa turis single and double>>> hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sama, mba. donlod formulir atau ambil formulirnya di Abda, trus di kumpulin di sana deh.
      aku blum pernah apply visa canada, tp di web nya harusnya sih ada tuh mba info2nya

      Hapus
  36. waaahhh.. ini bikin bulu kuduk gue terbaaang
    girang banget nih bacanya,, gue juga baca2 di postingan orang2 kalau minimal saldo rekening 50 jutrong buat bikin visa sebiji, sampe gue mau nangis darah itu tiket gue sama nyokap bisa jadi lumut di daerah pegunungan....

    doakann yaa penerbangan gue ke syd februari thn depan bisa diterima ! gue akan ngikutin jejak suhu satu ini.. abis galau terbitlah bahagia...

    amiiin!

    BalasHapus
  37. mba......lucu abisss hahahahah saya jg lg galau ni mau ngurus visa korea, bnyk mitos yg lbh serem dari pelem setan, dan bikin saya pede, trus ga pede lg, pede trus ancur lg,gara2 postingan mba, jadi pgn apply sendiri, ntr keberhasilanny saya ceritain lg ya disini. wish me luck mba

    BalasHapus
  38. Wah pengalaman yang luar biasa dari mba Mila. Sejauh ini saya belum benar benar berkunjung ke negara bule. Paling banter cuma sampai ke Kuala Lumpur saja. Hmmmm. saya banyak belajar nih dari pengalaman mba Mila. Saya ingin seperti mba. Bisa traveling gitu deh

    Eh ngomongin soal Thailand ya. Waktu di Kuala Lumpur ikutan Youth Conference Tahun 2009, saya ketemu orang Thailand. Saat di kantin saya berkenalan dengan mereka. Mereka kagum karena saya bisa menyanyikan lagu mereka. Judulnya LOi KratOng. Hiehiehiee. Seru mereka dengar suara cempreng saya nyanyi lagu itu. Tepuk tangan membahana. Hiheiheie jadi malu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat Kang Guru bisa nyanyi lagu thailand, aku cuman bisa Sawatde kaa

      Hapus
  39. salam kenal mba mila,
    jadi ikutan mules dan gregetan ngebacanya. belom pernah keluar negri sama sekali nih, baru berencana taon ini ke thailand. itu juga mau pake tour, kayaknya deg-deg seerrr juga yah kalo pergi ndiri tanpa travel. takut di jahati orang asing hehehe. anyways selamat yah atas keberhasilan visa nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo kita ga jahat sama orang sih mudah2an ga akan dijahatin orang asing juga ya mba hehee...
      selamat jalan2 ke thailand :D

      Hapus
  40. salam kenal mba mila,
    jadi ikutan mules dan gregetan ngebacanya. belom pernah keluar negri sama sekali nih, baru berencana taon ini ke thailand. itu juga mau pake tour, kayaknya deg-deg seerrr juga yah kalo pergi ndiri tanpa travel. takut di jahati orang asing hehehe. anyways selamat yah atas keberhasilan visa nya.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. halo mba milaaa.
    muka saya jadi pasif pas baca postingan ini. heart beat fast pokonya haha
    btw aku punya rencana pngn ke korea taun besok(insyaallah amin), tapi masih ragu karna takut ribet ngurusnya :/ soalnya blm ada pngalaman juga

    BalasHapus
  43. mba mila, jadi intinya jadi berangkat kan ke aussi ??? .. aku mau mendatangkan kekasih aku ke prancis (karena skarang aku di prancis) nah yang bikin aku deg2an, itu rekening koran :( waktu mba mila nominalnya berapa yaaa?? .. hmmmmm aku galau juga nih.. kira2 di kedubes prancis di JKT berapa yaa ? ada referensi ga mba ?

    BalasHapus
  44. wah berarti jangan sering2 keluar negri lagi deh, nanti galau lagi sama visa nya :P

    BalasHapus
  45. Browsing tentang pengurusan visa ke myanmar, nyasar ke sini deh saya, jadi ingin kenalan dengan Mbak Mila. Skrg udah pulang donk dari Ostrali ya Mbak? :)
    Salam kenal.

    Alaika

    BalasHapus
  46. Sepertinya saya gak bakal bisa menginjakan kaki di australia dan mewujudkan mimpi kerja disana tanpa sponsor ato penjamin... Dana sendiri/kluarga ga bakal bisa. #needsponsordesperately T^T

    BalasHapus
  47. Wah bener bgt mbak soal penderitaan sbg orang indo dlm ngurus visa. Aq kira cm aq doank yg ngrasa gitu. Dan kadang ngrasa ga adil dan merasa terdiskriminasi :p. Dan betapa enak n beruntungnya jd warga eropa atau US yg dg enaknya nglancong ke sana sini, dan volunteer atau kerja kesana kemari. Sementara orang indo slalu berat di visa :(

    BalasHapus
  48. Jangan galau donk...

    BalasHapus
  49. Hi...
    Alhamdulilah tak terkira..
    Visa pertama aku cuma butuh 4 hari ( jan 2013 ) dan uang tabungan gak lebigh dari 20 juta, tp memang ada surat sakti dari temen disana yang menjamin untuk mengakomodir tempat tinggal dan lain lain..

    Trus.. visa ke 2 yaitu bulan Oct 2013 , nah ini yang bikin deg degan.. butuh waktu 12 hari kerja cuy.. ngeri khan..
    tp alhamdulilah lancar jaya tuh.

    Good luck untuk visanya yaa..

    BalasHapus
  50. Hi...
    Alhamdulilah tak terkira..
    Visa pertama aku cuma butuh 4 hari ( jan 2013 ) dan uang tabungan gak lebigh dari 20 juta, tp memang ada surat sakti dari temen disana yang menjamin untuk mengakomodir tempat tinggal dan lain lain..

    Trus.. visa ke 2 yaitu bulan Oct 2013 , nah ini yang bikin deg degan.. butuh waktu 12 hari kerja cuy.. ngeri khan..
    tp alhamdulilah lancar jaya tuh.

    Good luck untuk visanya yaa..

    BalasHapus
  51. Waduh Mbak...! aku baca blog ini pas besok paginya aku mau apply visa ke OZ jd tambah merinding...
    Documen seh di dukung penuh ma Sponsor dr WN Australia sono,tp tetep ja masih gebyar gebyur nih jantung. kalo iya diterima,gw sujud sungkem bersyukur,teriak kalao perlu :D.
    nah kalo ditolak....wedeeewwww....bisa nangis dijalan neh....sebodo amat ma yg ngliatin <---nangis dgn PDnya...

    tp blog nya oke punya neh,mohon doa nya ja biar diterima...Amiin ya rabbal alamin

    BalasHapus
  52. ihh seru bacanyaaa.memang yaaa, visa negara2 bule ini slalu aja bkin dag dig dug mw apply ;p Sukurnya sih, slama ini aku jg blm prnh ditolak even utk schengen, pdhl rek tabungan jg ga nyampe nominal yg ditetapin agen2 itu ;p Gimana ga, lah sistem nabungku slama ini, 11 bln nabung, 2 minggu diabisin utk traveling ;p.. Ampe lebaran kuda juga g bakal banayk2 hihihi...

    tetep semangat apply visa2 yg lain yaaaa ^o^

    BalasHapus
  53. gw rasa ada faktor keberuntungan dan juga doa. visa Oz gw baru aja kelar minggu ini. gw belum pernah ke luar negeri sama sekali. dapet viza Oz untuk 3 tahun. sampai sekarang gw masih terbengong-2 hehehehee......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mb July,

      Ko bisa kereeennn dah... bisa share syaratnya mb ^^

      Thx be4
      Sari

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. akuuuu pun sedang galau sangat! baru submit visa australia 2 hari yg lalau , gak kebayang harus menggalalu sampai 13 hari kedepan .....

    BalasHapus
  56. Hi Mb,

    Lam kenal ^^
    Visa turis bisa buat 3 bulan gak sih?
    msh galau mau apply visa turis

    Thx Be4
    Sari ^^

    BalasHapus
  57. Mb Mila,

    Boleh share itin yg ke OZ gak hehe..

    Thx
    Sari

    BalasHapus
  58. Kapan ya bisa travelling dan jalan2 backpackeran. inforesmi.com

    BalasHapus
  59. keren. terharu untuk keberaniannya. aku juga blum brani ngurus visa kanada karna rekeningnya cuman 50% dari 50 juta. tapi aku akan coba bulan ini. thx mbak Mila

    BalasHapus
  60. norak amat, dapet visa australia aja girang banget, gimana enggak dianggap rendah ama orang Australia

    BalasHapus
  61. Halo, nama saya Nofia, saya mulai dengan menerapkan pinjaman di perusahaan pinjaman yang berbeda, tidak tahu bahwa aku bunuh diri dan juga menghancurkan dengan bisnis, saya menghabiskan lebih dari 76 juta di tangan pemberi pinjaman palsu, saya didorong oleh mu suami karena uang yang saya habiskan di membayar untuk hal yang berbeda, tidak semua masih satu hari saya diterapkan di Dianarobertloanfirm, saya menjelaskan setiap hal kepadanya tentang masa lalu saya, dan dia mengatakan kepada saya bahwa dia akan membantu saya mendapatkan pinjaman saya, bahwa satu-satunya bahwa saya tidak harus sekarang adalah jujur ​​dan ikuti instruksi nya,
    Aku tidak percaya mata saya ketika saya melihat uang di rekening bank saya.
    Jadi hanya menghubungi dia, percaya padanya dan melakukan apa pun yang dia ingin Anda lakukan. Dan jangan lupa untuk membalas email-nya segera, Buktikan padanya bahwa Anda dapat dipercaya dan orang yang bisa diandalkan, maka ia akan menyetujui pinjaman Anda dalam waktu singkat dan mengirimkan pinjaman langsung ke rekening Anda.
    Menghubunginya melalui email-nya: dianarobertloanfirm@gmail.com dan dianarobertloanfirm@accountant.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui ini melalui email. nofiayani@gmail.com

    BalasHapus
  62. Listen, there is no lender is willing to help you, they are not just here to rip you put your hard-earned money. My husband and I look for different lenders online lenders, but in the end, we were lied to and ripped off our money to different lenders online.
    We even borrowed money lenders online payment, but in the end, we got nothing.
    My wife and I were in debt, we do not have a run for help, destroyed our family business, we are not able to make money to meet their daily expenses until we were introduced to his wife Amanda who helped us with our offer unsecured loans.
    For information about how to reach Ms. Amanda loan or more information about the program in accordance with, please email me, fredrikaterry@gmail.com contact me
    Or you can send an email to Mrs. dianarobertloanfirm@gmail.com and dianarobertloanfirm@accountant.com

    BalasHapus
  63. Apakah Anda tidak stabil secara finansial? yang Anda menolak pinjaman dari bank? di sini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan pinjaman dan booming bisnis menabrak Anda seperti yang kita Queen Anita memberikan pinjaman kepada pelamar kami dengan tingkat bunga 2% jadi jika Anda intrested dalam memperoleh pinjaman dari kami hubungi kami di (queenanitaloanfirm@gmail.com )

    BalasHapus
  64. Zenith Pinjaman Terbatas Sebagai bagian dari promosi yang sedang berlangsung, kami sedang menawarkan Swasta, Commercial dan Personal pinjaman kepada calon pelanggan membutuhkan uang mendesak pada tingkat bunga 2%, Mengapa menunggu uang yang Anda butuhkan mendesak? kami memiliki uang tunai untuk pinjaman Anda. layanan pinjaman keuangan kami adalah 100% dijamin.
    Daftar sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
    Email: zenithloanlimited@gmail.com

    BalasHapus
  65. Keren dah
    oke punya sampai ke australi
    Obat Batuk Anak Manjur

    BalasHapus
  66. Good Day Sir / Madam:
    Mendapatkan pinjaman yang sah selalu menjadi masalah besar Untuk klien
    yang memiliki kebutuhan keuangan. Masalah kredit dan agunan yang
    sesuatu yang klien selalu khawatir tentang ketika mencari pinjaman
    dari pemberi pinjaman yang sah. Tapi Joyce Roland Pinjaman Perusahaan telah membuat
    bahwa perbedaan dalam industri pinjaman. Kita dapat mengatur untuk pinjaman
    dari kisaran $ 5,000.00 sampai $ 500.000,00
    Layanan kami meliputi:
    Konsolidasi hutang
    Hipotek kedua
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi
    Pinjaman International
    Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Guarantee.All Anda harus
    lakukan adalah mari kita tahu persis apa yang Anda inginkan dan kami pasti akan membuat Anda
    mimpi yang menjadi kenyataan. Joyce Roland Pinjaman Perusahaan. mengatakan YES ketika bank Anda mengatakan TIDAK.
    Terakhir, kami mendanai skala kecil perusahaan pinjaman, perantara, skala kecil
    lembaga keuangan karena kita memiliki modal terbatas. Untuk selanjutnya
    Rincian untuk pergi tentang pengadaan kontak pinjaman kami, Mohon menanggapi
    segera email ini di: joycerolandloancompany@gmail.com.
    Terima kasih

    BalasHapus
  67. hahahahah.. gara-gara Visaaaaa... tapi sekarang udah ada beberaap negara yang bebas Visa ya

    BalasHapus
  68. Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman dari Indonesia menjadi sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, CEO perusahaan pinjaman Emiliana wilson, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan tanpa jaminan jumlah pinjaman Rp450,000,000 (450.000.000 Indonesia Rupiah) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan dipindahkan langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga mendapat pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  69. Apakah Anda mencari investasi dan kredit swasta? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau, silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (elizabethpatrickglobalfinance@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) pendapatan bulanan:
    11) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
    12) durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    BalasHapus

  70. Apakah Anda ingin memulai atau tumbuh bisnis yang ada? Ibu Bernice Louis Pinjaman Perusahaan (BLC) telah datang untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. Kami memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% pada setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Mrs. Bernice Louis untuk Anda PINJAMAN hari ini melalui email: bernicelouisloancompany@gmail.com atau tel: +15022653621

    BalasHapus
  71. Kabar baik untuk Anda semua yang Anda butuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda, Anda ingin meminjam uang untuk meningkatkan bisnis Anda atau organisasi? Atau Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu alasan atau yang lain? Anda perlu berbagi beban pinjaman atau hipotek? di sini adalah lokasi yang tepat untuk utang Anda! Annabelleloanfirm? pinjaman kepada orang-orang terkenal
    Manfaat yang rendah dan dapat diterima dari 2% tanpa colerteral.
    Silahkan hubungi kami Annabelleloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  72. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui (bellaalbert6@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus
  73. Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
    Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
    Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
    * Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Mobil
    lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 80,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

    Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
     
    Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
    Nama Lengkap (s):
    Usia:
    Alamat jalan:
    negara:
    Nomor kontak:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Pinjaman Tujuan:
    Durasi Pinjaman:
    Status Pekerjaan:

    Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  74. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    BalasHapus
  75. Halo.
    Saya seorang pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Butuh pinjaman konsolidasi atau hipotek? Mencari lagi, karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami pinjaman dana dari individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk berinvestasi dalam bisnis semua pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan akan menawarkan kredit. Terima kasih, silahkan hubungi kami hari ini untuk rincian lebih lanjut pada: Annabelleloanfirm@gmail.com) Anda dapat semua begitu hubungi kami di whatsapp +2349053310510

    BalasHapus
  76. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  77. Halo,
    Saya Mrs Esther Patrick, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (estherpatrick83@gmail.com)

    BalasHapus
  78. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  79. Galaxy Pinjaman internasional mereka orang yang memberi saya pinjaman setelah bertahun-tahun dari keuangan

    masalah dalam bisnis saya dan keluarga, saya telah scammed 5 kali oleh semua orang palsu ini. ditipu

    dan mengambil uang dari saya dan masih mereka tidak akan memberikan pinjaman, i kepala teman berbicara tentang galaksi

    pinjaman bahwa mereka dapat dipercaya saya pikir itu adalah lelucon atau scam lain lagi tapi saya mengambil iman dan

    memberi mereka mencoba karena saya butuh uang, saya membutuhkan bantuan. saya mengikuti semua instruksi dan

    suprise terbesar saya mereka memberi saya pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan tanpa agunan.

    setelah saya telah ditolak oleh bank juga; saudara-saudara saya tidak jatuh korban seperti saya lakukan

    itu sebabnya saya membuat kesaksian ini, mereka cliam mereka akan memberikan pinjaman, tetapi mereka adalah pendusta,

    palsu. kacamata. dll ... silahkan hubungi pinjaman galaksi pada email mereka

    galaxyloansinternational@gmail.com atau info.galaxyloans@gmail.com mengikuti instruksi mereka dan

    yakinlah mendapatkan uang jika Anda membutuhkan pinjaman. Allah memberkati Anda .. Anda dapat menghubungi saya jika

    Anda memiliki pertanyaan tentang hermantosharon@gmail.com

    BalasHapus
  80. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  81. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)

    BalasHapus
  82. Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
    Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  83. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)

    BalasHapus
  84. Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
    Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  85. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  86. Aku Mrs.Mary Willson, uang pinjaman, menawarkan berbagai macam jasa keuangan (LOAN) untuk individu dan pemilik bisnis. Kami bekerja dengan individu, kecil, menengah, dan usaha skala besar untuk membantu mereka baik memulai atau memperluas ke wilayah-wilayah baru. Kami membantu mendanai usaha kecil bila diperlukan paling untuk memperluas bisnis yang ada, membeli peralatan modal, membayar biaya dan untuk kebutuhan lainnya seperti iklan, sewa, renovasi dll Salam, (marywillsonloanfirm@gmail.com
    Pribadi
    Akun saya) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus
  87. Jika u membutuhkan handal dan tulus perusahaan pinjaman bantuan, dan tidak ingin menjadi korban penipuan, saya pikir ini adalah untuk Anda. Semua posting dari pemberi pinjaman memberikan pinjaman online terutama pada situs yang menawarkan pinjaman yang memposting poster semua arahan SCAMS..The ada juga yang banyak scammers. Jangan menghubungi mereka untuk kebaikan Anda sendiri. Ini adalah kisah tentang bagaimana aku merobek saya sulit memperoleh uang tunai dengan beberapa idiot on-line yang menyebut diri mereka sendiri pemberi pinjaman dan bagaimana saya akhirnya mendapat kebebasan finansial saya dari Allah mengutus petugas pinjaman dalam waktu 36 jam di hanya 2% sebagai interest.All berkat Nyonya Vera Mendes Anda adalah orang yang menghapus saya dan keluarga saya keluar dari kemiskinan. Alasan mengapa saya melakukan ini adalah bahwa, aku berjanji Mrs Vera Mendes bahwa jika saya benar-benar mendapat pinjaman saya, saya akan advertize perusahaan dan membawa pelanggan untuk perusahaannya. Hubungi dia sekarang di (veramendesprivateloanfirm@gmail.com) untuk Kredit Anda telah mencari for..This perusahaan pinjaman terletak di Kanada.

    BalasHapus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...