Senin, 20 Juni 2011

Edisi Bikin Ngiler


Makanan Thailand mungkin termasuk makanan internasional yang populer di Indonesia - selain makanan Chinesse, American fastfood, Jepang dan Itali. Sayangnya lidah saya ini kurang nyambung sama sup Tom Yum  Kung dan Pad Thai khas negeri gajah putih tersebut. Dengan kata lain, saya udah pernah cicipin dan ga doyan ama kedua menu andalan neger Siam itu.

Di Bangkok saya sempat khawatir juga masalah makanan. Apalagi di sana mayoritas kan makanannya daging ga halal itu (yang "katanya" sih enak), jadi ga bisa makan sembarangan. Salah satu alternatif ya makan di resto vegetarian kayak waktu ke China. Eeeergh... nyebut kata "vegetarian" aja saya masih eneg akibat waktu ke China makan sayur mulu.

Dari buku panduan "Bangkok Encounter" keluaran Lonely Planet yang saya beli ada alamat beberapa rumah makan muslim, dan saya sempat cobain 2 dari sekian rumah makan yang di rekomendasi-in itu:

1. Roti-Mataba. Rumah makan yang menyediakan menu Southern Thai-muslim ini terletak tidak jauh dari kawasan backpacker Khao San Road. Letaknya di Th Phra Athit nomor.136. Warungnya itu tempatnya agak nyempil deket tikungan, pas di depan Phra Sumen Fort (semacam monumen gitu). Makanannya mirip makanan India, kayak semacam roti canai dan kari-kari-an. Di bagian depan warungnya kita bisa liat adonan roti canai itu di olah hingga matang. Selain di makan sama kari, roti itu juga bisa di makan sama keju, coklat, pisang, dan selai. Enaaaaaakkk.... saya aja sampe nambah dua porsi hehee....

Yang anehnya lagi, minumnya saya pesen Ice Tea. Yang keluar malah Thai Ice Tea, ternyata disana itu kalo pesen es teh yang keluar otomatis ya Thai Ice Tea yang pake susu. Karena malas berdebat pake bahasa ajaib akhirnya saya terpaksa tenggak tuh minuman. Biasanya saya tuh paling ga doyan sama Thai Ice Tea, entah kenapa kog yang itu enak banget. Ga berasa eneg sama sekali. Bener-bener enak dan segaaaarrr.....

Roti & Mutton Curry + Thai Ice Tea *slurp*
2. Home Cuisine Islamic Restaurant. Resto ini adanya di daerah Silom yang ternyata daerah muslim, soalnya di daerah ini ada mesjidnya. Alamatnya: 196-198 Soi 36, Th Charoen Krung. Disini jualnya makanan Thailand yang model Pad Thai, Tom Yum Kung dan makanan lain yang stir-fried gitu. Karena saya ga doyan makanan thai yang asem-asem aneh gitu saya pesen daging sapi di stir-fried sama sayuran.



Jajanan disepanjang jalan di Bangkok juga banyak banget dan wanginya itu loh.... bikin cacing di perut berontak. Tapi ya itu hambatannya, ga bisa sembarangan jajan karena ga  tau bahan dasar makanannya itu terbuat dari apa.

Ada gorengan semacam baso gitu yang biasa di jual di gerobak-gerobak pinggir jalan. Saya penasaran banget pengen nyicipin, tapi ragu karena ga tau itu daging apa. Eh... kebetulan waktu saya keluar dari Home Cuisine Islamic Restaurant saya nemu gerobak yang jual gorengan ini dan ibu yang jualnya pake jilbab. Langsung aja saya beli dan ternyata enaaaaaaakkkk..... makan baso goreng nya pake saos yang pedes gitu...enak banget deh pokoknya. 

Baso goreng pake saos pedes yang enak nya dewa banget

Di depan Wat Pho saya sempet jajan es kelapa muda. Nikmat banget deh minum es kelapa muda langsung dari batoknya saat lagi panas terik. Ngomong-ngomong soal batok kelapa, di pasar Chatucak saya juga jajan es krim yang rasanya kayak es puter, di sajikan di batok kelapa yang kecil trus toppingnya irisan kelapa muda yang lembut banget dan taburan kacang. Omigooooooddd..... enaaaaak bangeeeeettttt...... Ibu-ibu bule disebelah saya sampe nambah. 
Es Kelapa Muda di depan Wat Pho

Es Puter ala Thailand
Jajanan lain yang selalu bikin saya ngiler adalah jajanan di gerobak yang jual seafood kayak udang & cumi. Seafood nya langsung di bakar saat itu juga jadi  baunya kemana-mana menggoda iman. Di Chaktucak saya jajan udang bakar yang masih fresh. Udang hidup nya juga dipajang di situ. Gimana ga bikin saya tambah ngiler coba. Langsung aja saya beli satu porsi, dan ternyata udangnya dibakar tanpa dikasih  bumbu dan rasanya manis alami..... sedaaaaapppp.....

Udang penggoda iman

Waktu jalan-jalan malem-malem di Siam juga iman saya tergoda sama gerobak yang jualan cumi bakar. Saya nunggu cumi pesenan saya di bakar sambil ngences-ngences. Cumi nya di masukin plastik dan dikasih saos yang kayak kecap tapi lebih encer dan pedes...... nyaaaaaaammmm...

Cumi bikin ngences
Yang bikin saya lebih menikmati makanannya adalah karena harganya termasuk murah meriah, semua udah saya tulis di rincian biaya 3 hari di Bangkok. Coba aja cek lagi kalo ga percaya heheee.... Gara-gara nulis postingan ini & liat foto-fotonya saya jadi lapeeeeerrrr.... *ngais-ngais tanah*

Oh iya, klo sempet mampir donk ke posterous saya yang isinya makanan semua di:

21 komentar:

  1. Ngiler liat gambarnya baso goreng.. Hmmm..

    BalasHapus
  2. ngiler liat Cumi bikin ngences

    *ngacai*

    BalasHapus
  3. duh baso gorengnyaaaaa.. ngiler bangeeet >_<
    bisa jadi guide utk makanan halal di thailand :D

    BalasHapus
  4. baksonya, seafoodnya bkin aku lapeerrrr juga *ngelap iler*

    BalasHapus
  5. gw suka banget ama thai tea n tom yang
    eh ada info ga buat makanan di puket?

    BalasHapus
  6. ebuseettt... ngiler abis2an gue. Bahaya nih kalo ke Thai, udah wisata belanjanya murah, wisata kulinernya juga nggak kalah murah. Ini sih pulang bawa koper dan perut gendut ke Indonesia namanya :p

    BalasHapus
  7. kayaknya ribet banget yah di thai nemu makanan halal gitu?. katanya sih asal ada tulisan arabnya udah bisa dibilang halal mil.. humm, itu makanannya yummi. malah pengen es puternya saya.

    tapi kalo yang mau citarasa indonesia, di jogja juga ada tuh resto thailand

    BalasHapus
  8. nikmat banget kayaknya nih!
    Yang paling bikin ngiler bakso gorengnya...murah meriah n enak

    BalasHapus
  9. wah...baca postingan ini cuma bisa ngiler deh.....

    Salam kenal..

    BalasHapus
  10. yang paling atas itu, bikin ngiler juga gak ya? hehe

    BalasHapus
  11. siang-siang begini, kok nemu tulisan kayak gini. jadi gak betah berkunjung jadinya. pengennya langsung jajan. :-D

    BalasHapus
  12. Mbak... jalan2 melulu sih? enak banget ya? jadi ngiri deh.. Aku tahu kenapa tulisannya gak banyak di blog ini, karena kebanyakan jalannya daripada nulisnya hehehe

    BalasHapus
  13. Mbak.. malam2 kok tega sih bikin aku ngiler...
    Liat foto2 di atas jadi lapar nih. :(

    BalasHapus
  14. ngilernya dibagi bagi dong, nah loh :D

    BalasHapus
  15. agak mirip masakan indonesia ya...

    BalasHapus
  16. saya ngiler sama bakso gorengnya ..
    beda gak ya sama bakso bakar .. ?

    BalasHapus
  17. Bener2 bikin ngiler.. -,-

    BalasHapus
  18. Mbak, apa kabar? Udah lama ngga kunjungan ke sini...

    Saya ngga sempet baca, cuma liat2 gambarnya saja, eniwei rasa masakannya gimana ya? Bikin penasaran...

    BalasHapus
  19. hmmmmmm
    enak" semua tuu,,,,
    jadi ngiler ne,,, ^_^_^_^

    BalasHapus
  20. Waduh baca ini ngeces ngecesss kak milaa hahaa
    Pengen

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...